Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Lengkap Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak PAUD Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Buku Panduan Projek Penguatan Pelajar Pancasila ini menyajikan pembelajaran dengan pendekatan yang dinamis dialogis. Sejak membuat perencanaan, anak sudah dilibatkan untuk menentukan projek, guru berperan memantik ide dan mendampingi selama proses pembelajaran. Guru tidak memaksakan kehendaknya. Anak ditempatkan sebagai pribadi yang berdaya dan mempunyai kemauan kuat. Menurut Jalongo (2007 : 84), motivasi seseorang akan terbentuk karena ketertarikannya. Oleh karena itu menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menarik bagi/untuk anak.

Pembelajaran yang dirancang hendaknya kontekstual, dekat dengan kehidupan nyata di sekitarnya sehingga menumbuhkan ketertarikan anak. Pembelajaran berbasis projek membutuhkan ketelitian, kesabaran dan konsentrasi dengan tetap memperhatikan kegembiraan bermain. Pembelajaran tersebut dimaksudkan agar anak terampil, tidak mudah putus asa, dapat bekerja sama, dan dapat memecahkan permasalahan dengan cara yang kreatif.



Kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran berbasis projek ini memanfaatkan alam semesta dan berbagai sumber belajar, supaya anak dapat menghargai ciptaan Tuhan. Anak terkoneksi dengan dirinya sendiri, orang tua, teman dan alam semesta, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis.


BAB 1 Pelajar Pancasila

A. Profil Pelajar Pancasila

B. Capaian Pembelajaran

C. Kaitan Projek Profil Pelajar Pancasila dengan Capaian Pembelajaran

BAB 2 Pembelajaran Berbasis Projek

A. Apa itu Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning)?

B. Mengapa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Projek?

C. Bagaimana Pembelajaran Projek ini Dilakukan di PAUD?

BAB 3 Rancangan Projek Pelajar Pancasila

A. Tema Aku Sayang Bumi

B. Tema Aku Cinta Indonesia

C. Tema Bermain dan Bekerja Sama

D. Tema Imajinasiku

BAB 4 Penutup

Buku Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah buku pedoman untuk guru PAUD yang merupakan bagian yang tidak teripisahkan dari kelima buku pedoman lain. Buku ini memberikan contoh penerapan pendekatan projek yang di dalamnya mengandung muatan Profil Pelajar Pancasila. Beragam teori dan metode yang sudah dijabarkan di kelima buku lain akan terlihat implementasinya di Buku Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan projek yang dicontohkan memang masih dalam tahapan menyambut perayaan hari besar nasional, keagamaan, maupun tradisi budaya setempat. Akan tetapi, pendekatan projek ini sebenarnya juga dapat dikemas rancangan pembelajaran.