Download Lengkap Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak PAUD Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM
Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM untuk satuan PAUD hadir melengkapi seri Buku Panduan Guru PAUD. Buku ini berisi tentang apa itu Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM serta bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan PAUD sesuai dengan konteks lokal satuan.
Buku ini juga memberikan contoh kejadian dan kegiatan yang dilengkapi dengan foto serta ilustrasi untuk memberikan gambaran lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam pembelajaran. Buku ini ditulis agar Guru PAUD dapat memaknai capaian pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kekhasan karakteristik Satuan PAUD seperti kondisi anak didik, orang tua, sosial masyarakat, lingkungan dan hal lain yang terkait dengan keberadaan satuan PAUD.
BAB 1 Literasi dan STEAM
A. Literasi
Apa itu literasi ?
Bagaimana literasi pada anak usia dini ?
Mengapa literasi penting untuk anak usia dini ?
Bagaimana dukungan guru dan orang tua agar anak mendapat pengalaman literasi yang bermakna ?
Bagaimana lingkungan yang kaya literasi untuk anak usia dini ?
B. STEAM
Apa itu STEAM ?
Bagaimana STEAM dapat memunculkan solusi terhadap Permasalahan?
Apa contoh pengintegrasian STEAM yang menghasilkan solusi?
Mengapa anak usia dini?
Bagaimana STEAM pada Anak usia dini?
C. Keterkaitan Literasi dan STEAM
Apa yang perlu dilakukan guru untuk menghadirkan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?
BAB 2 Tujuan Pembelajaran untuk Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM
A. Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM
B. Tujuan Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM
Bagaimana menerjemahkan CP Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM menjadi tujuan pembelajaran dalam kurikulum di Sekolah Penggerak?
C. Tujuan Kegiatan
Bagaimana cara mencapai tujuan kegiatan itu?
BAB 3 Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM
A. Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran
Apa yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan rencana kegiatan pembelajaran ?
Bagaimana jika guru belum mengetahui minat anak?
Jika minat anak sudah diketahui, bagaimana cara mengembangkannya menjadi kegiatan pembelajaran?
1. Cerita sebagai inspirasi kegiatan bermain
2. Menemukan konsep dalam cerita
3. Membuat peta konsep yang ditemukan dalam cerita
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian
BAB 4 Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM
A. Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Bermuatan Literasi dan STEAM
Apa tujuannya?
Apa fungsinya?
Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan lingkungan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEM?
Media apa saja yang bisa digunakan dalam pengelolaan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?
B. Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM
Apa tujuannya?
Apa fungsinya?
Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM ?
Bagaimana cara guru menetapkan strategi yang berbeda dalam mencapai tujuan pembelajaran?
Bagaimana bentuk perancah (scaffolding) yang dapat dilakukan guru pada kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?
C. Contoh Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM
BAB 5 Asesmen
Bagaimana cara guru melakukan asesmen terkait Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM ?
1. Melakukan pengamatan terhadap anak
2. Mengolah hasil pengamatan ke dalam bentuk dokumentasi anak
3. Mengidentifikasi capaian pembelajaran anak terkait Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM berdasarkan dokumentasi anak
4. Mengevaluasi proses pembelajaran dari hasil capaian dan minat anak
5. Pengembangan Kegiatan Lanjutan
LAMPIRAN
Apa yang harus dilakukan guru untuk dapat melaksanakan seluruh proses kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?
1. Guru menerjemahkan Tujuan Pembelajaran di Kurikulum Sekolah menjadi Tujuan Kegiatan
2. Guru menemukan minat anak
3. Guru menggunakan cerita sebagai inspirasi kegiatan
4. Guru membuat peta konsep dan rancangan kegiatan
5. Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6. Guru mengelola lingkungan belajar
7. Guru mengelola kegiatan pembelajaran
8. Guru melakukan asesmen