Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Bahasa Indonesia

Bapak dan Ibu Guru Bahasa Indonesia kelas tujuh, Salam takzim! Pada tahun ajaran ini, Anda kembali menyambut peserta didik baru di SMP. Tentunya para peserta didik yang baru menuntaskan pendidikan dasar ini sedang bersemangat untuk mengeksplorasi petualangan baru di jenjang SMP.

Bapak dan Ibu guru, Para peserta didik Anda menyambut dunia remaja dengan perubahan pada tubuh dan lingkungan sosial mereka. Beragam isu dan permasalahan khas dunia remaja dapat menjadi topik diskusi dan kegiatan untuk meningkatkan kewaspadaan, tanggung jawab, serta kepedulian mereka sebagai warga masyarakat dan dunia. Topik-topik ini dapat menjadi bahasan menarik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menyimak, membaca, mendiskusikan, dan menuliskan topik-topik ini, siswa meningkatkan kompetensi berbahasa mereka melalui bahasan yang kontekstual dengan dunia dan pengalaman mereka.

Bapak dan Ibu Guru, Buku ini memandu Anda dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang mengoptimalkan pengetahuan berbahasa dan berkomunikasi peserta didik. Tentunya Anda dapat memodifikasi dan memperkaya materi ini dengan bahan ajar lain untuk mengangkat keunikan budaya di daerah Anda. Pilihan materi dalam buku ini kiranya memberikan inspirasi kepada Anda untuk meramu materi sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik Anda. Selain materi pembelajaran, buku ini juga menyuguhkan strategi dan tip dalam menyampaikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Beragam strategi pembelajaran pada buku ini semoga dapat memperkaya kelas Anda.



Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak akan bermakna tanpa menanamkan kebiasaan membaca setiap hari. Dengan merekomendasikan buku bacaan bermutu dan memanfaatkannya dalam program membaca yang menyenangkan, Anda pun menumbuhkan budaya literasi di kelas. Peserta didik yang mencintai membaca akan tumbuh dengan kecakapan berbahasa yang baik dan menjadi pemelajar sepanjang hayat.

Bab I: Jelajah Nusantara

Bab II: Berkelana di Dunia Imajinasi

Bab III: Hal yang Baik bagi Tubuh

Bab IV: Aksi Nyata para Pelindung Bumi

Bab V: Membuka Gerbang Dunia

Bab VI: Sampaikan dengan Surat