Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Lengkap Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK PPKn / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat SD sampai SMA. PPKn mengemban amanah untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila setiap anak bangsa Indonesia. Sebuah amanah yang sangat mulia pada satu sisi—dan tidak ringan, pada sisi yang lain. Melalui mata pelajaran PPKn ini, peserta didik diharapkan tidak hanya memahami sebuah konsep ataupun teori dan sejarah tentang Pancasila dan kewarganegaraan. Lebih dari itu, PPKn diharapkan menjadi wahana edukatif dalam mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Atas dasar itulah, PPKn berorientasi pada penguatan karakter dan wawasan kebangsaan melalui pembentukan sikap mental, penanaman nilai, moral, dan budi pekerti yang menekankan harmonisasi aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan, serta menekankan pada sikap kekeluargaan dan bekerja sama pada proyek belajar kewarganegaraan. Buku ini merupakan ikhtiar untuk menerjemahkan Capaian Pembelajaran PPKn yang telah ditetapkan Kemendikbud ke dalam sejumlah aktivitas pembelajaran di kelas. Tak hanya menyediakan bahan bacaan, tetapi juga menawarkan sejumlah aktivitas pembelajaran yang perlu dilakukan. Tentu saja, guru memiliki kewenangan dan kemerdekaan untuk mendayagunakan secara maksimal apa yang ada dalam buku ini.



Karena, apa yang tertulis dalam buku ini tak lebih dari sekedar acuan minimum pembelajaran di kelas. Selebihnya, kreaktifitas dan inovasi guru dalam mengajarkan PPKn adalah ujung tombak kesuksesan dalam pembelajaran PPKn. Sebagai buku ajar yang lahir dalam konteks semangat Merdeka Belajar, buku ini barangkali membutuhkan penyempurnaan dan kontekstualiasasi sesuai dengan konteks guru mengajar. Karena itulah, berbagai masukan, saran, dan kritik menjadi mutlak diperlukan sebagai upaya untuk menghadirkan buku PPKn yang lebih bermakna dan berdampak terhadap seluruh peserta didik.

Bagian 1 Pancasila

Unit 1 Menggali Ide Pendiri Bangsa tentang Dasar Negara

Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa

Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila

Unit 4 Proyek Gotong Royong Kewarganegaraan

Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Unit 1 Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-Hari

Unit 2 Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari

Unit 3 Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945

Unit 4 Membuat Kesepakatan Bersama

Unit 5 Produk dan Hierarki Peraturan Perundang-Undangan

Unit 6 Hubungan Antar Peraturan Perundang-Undangan

Unit 7 Menganalisis Peraturan Perundang-undangan

Bagian 3 Bhinneka Tunggal Ika

Unit 1 Mengidentiikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok

Unit 2 Mengenali, Menyadari dan Menghargai Keragaman Identitas

Unit 3 Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia

Unit 4 Pertukaran Budaya di Pentas Global

Unit 5 Belajar Dari Kekayaan Tradisi

Bagian 4 Negara Kesatuan Republik Indonesia

Unit 1 Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI

Unit 2 NKRI dan Kedaulatan Wilayah

Unit 3 Sengketa Batas Wilayah Antara Indonesia dan Malaysia