Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DOWNLOAD Materi Informatika Mengenal Linux Sistem Operasi UNIX

Linux adalah salah satu versi populer Sistem Operasi UNIX. Ini adalah open source karena kode sumbernya tersedia secara bebas. Ini gratis untuk digunakan. Linux dirancang dengan mempertimbangkan kompatibilitas UNIX. Daftar fungsinya sangat mirip dengan UNIX.

Komponen Sistem Linux

Sistem Operasi Linux memiliki tiga komponen utama, yaitu:

1. Kernel
Kernel adalah bagian inti dari Linux. Ini bertanggung jawab untuk semua kegiatan utama dari sistem operasi ini. Ini terdiri dari berbagai modul dan berinteraksi langsung dengan perangkat keras yang mendasarinya. Kernel menyediakan abstraksi yang diperlukan untuk menyembunyikan detail perangkat keras tingkat rendah ke sistem atau program aplikasi.

2. Pustaka Sistem
Pustaka sistem adalah fungsi atau program khusus yang menggunakan program aplikasi atau utilitas sistem mana yang mengakses fitur-fitur Kernel. Perpustakaan ini menerapkan sebagian besar fungsi sistem operasi dan tidak memerlukan hak akses kode modul kernel.

3. Utilitas Sistem
Program Utilitas Sistem bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas khusus tingkat individu.

Komponen Sistem Linux
Komponen Sistem Linux

Mode Kernel vs Mode Pengguna

Kode komponen kernel dijalankan dalam mode istimewa istimewa yang disebut mode kernel dengan akses penuh ke semua sumber daya komputer. Kode ini mewakili proses tunggal, dijalankan dalam ruang alamat tunggal dan tidak memerlukan sakelar konteks apa pun dan karenanya sangat efisien dan cepat. Kernel menjalankan setiap proses dan menyediakan layanan sistem untuk proses, menyediakan akses yang dilindungi ke perangkat keras untuk memproses.

Kode dukungan yang tidak diperlukan untuk dijalankan dalam mode kernel ada di System Library. Program pengguna dan program sistem lainnya berfungsi dalam Mode Pengguna yang tidak memiliki akses ke perangkat keras sistem dan kode kernel. Program / utilitas pengguna menggunakan perpustakaan Sistem untuk mengakses fungsi Kernel untuk mendapatkan tugas-tugas tingkat rendah sistem.

Fitur dasar

Berikut ini adalah beberapa fitur penting Sistem Operasi Linux, diantaranya:

1. Portable
Portabilitas berarti perangkat lunak dapat bekerja pada berbagai jenis perangkat keras dengan cara yang sama. Kernel Linux dan program aplikasi mendukung instalasi mereka pada segala jenis platform perangkat keras.

2. Open Source
kode sumber Linux tersedia secara bebas dan merupakan proyek pengembangan berbasis komunitas. Beberapa tim bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi Linux dan terus berkembang.

3. Multi-Pengguna
Linux adalah sistem multi-pengguna yang berarti banyak pengguna dapat mengakses sumber daya sistem seperti memori / ram / program aplikasi secara bersamaan.

4. Multiprogramming
Linux adalah sistem multiprogramming yang berarti banyak aplikasi dapat berjalan pada saat yang bersamaan.

5. Hierarchical File System
Linux menyediakan struktur file standar di mana file sistem / file pengguna diatur.

6. Shell
Linux menyediakan program juru bahasa khusus yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah dari sistem operasi. Dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis operasi, memanggil program aplikasi. dll

7. Keamanan
Linux menyediakan keamanan pengguna menggunakan fitur otentikasi seperti perlindungan kata sandi / akses terkontrol ke file / enkripsi data tertentu.

Arsitektur Linux

Arsitektur Sistem Linux terdiri dari lapisan-lapisan berikut ini:

1. Lapisan perangkat keras
Perangkat keras terdiri dari semua perangkat periferal (RAM / HDD / CPU dll).

2. Kernel
Ini adalah komponen inti Sistem Operasi, berinteraksi langsung dengan perangkat keras, menyediakan layanan tingkat rendah untuk komponen lapisan atas.

3. Shell
Antarmuka ke kernel, menyembunyikan kompleksitas fungsi kernel dari pengguna. Shell mengambil perintah dari pengguna dan menjalankan fungsi kernel.

4. Utilitas
Program utilitas yang menyediakan sebagian besar fungsi sistem operasi kepada pengguna.

Arsitektur Sistem Linux
Arsitektur Sistem Linux

Penelusuran terkait
  • materi informatika kelas 7 semester 1 2021 
  • materi informatika kelas 8
  • perangkat informatika kelas 7
  • materi informatika kelas 7 semester 2
  • materi informatika smp
  • materi informatika kelas 7 pdf
  • materi informatika kelas 7 bab 1 
  • materi informatika kelas 7 kurikulum 2013