Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Penerima Manfaat PKH Februari 2024, Pakai Data KTP Klik cekbansos.kemensos.go.id

Berikut ini merupakan informasi terbaru tentang Cara Cek Penerima Manfaat PKH Februari 2024, Pakai Data KTP Klik cekbansos.kemensos.go.id. Kementerian Sosial (Kemensos) memprioritaskan peningkatan kesejahteraan sosial dan akselerasi pengurangan tingkat kemiskinan di Indonesia.
Cara Cek Penerima Manfaat PKH Februari 2024, Pakai Data KTP Klik cekbansos.kemensos.go.id

Sebagai bagian dari upaya tersebut, implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) telah menjadi inisiatif kunci.

Program Keluarga Harapan (PKH), yang dirancang khusus untuk keluarga yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), menargetkan peningkatan substansial dalam kualitas hidup, memastikan pemenuhan kebutuhan dasar, dan mendukung pendidikan anak dari keluarga penerima manfaat.

Tahun 2024 menandai periode penting bagi Program Keluarga Harapan (PKH), dengan rencana alokasi dana yang akan disalurkan melalui empat tahap: bulan Januari hingga Desember.

Penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik keluarga penerima manfaat di seluruh wilayah Indonesia, memastikan bahwa dukungan finansial disampaikan secara periodik dan efisien untuk memberi dampak maksimal.

Kementerian Sosial mengundang keluarga yang memenuhi syarat namun belum tercatat dalam DTKS untuk segera mendaftar di kantor kelurahan atau desa terdekat melalui operator siks-ng desa.

Proses pendaftaran DTKS ini krusial untuk memastikan identifikasi akurat keluarga yang berhak menerima dukungan finansial, memperluas jangkauan program dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

Cek Bansos PKH 2024

Untuk memverifikasi status kepesertaan dalam Program Keluarga Harapan tahun 2024, penerima manfaat dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:
  • Silakan anda Kunjungi situs resmi Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id.
  • Selanjutnya silakan anda Masukkan informasi lokasi dan nama penerima manfaat sesuai dengan detail pada KTP.
  • Lakukan verifikasi dan pencarian data untuk konfirmasi kepesertaan dan detail bantuan yang diterima.
Kriteria Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) 2024

Program Keluarga Harapan menyediakan dukungan finansial yang disesuaikan berdasarkan kategori penerima manfaat, termasuk:
  • Ibu hamil dan nifas, yang menerima Rp750.000 setiap tahap, total tahunan mencapai Rp3 juta.
  • Anak usia dini dan balita, dengan dukungan Rp750.000 per tahap, total tahunan sebesar Rp3 juta.
  • Lansia dan penyandang disabilitas, yang diuntungkan dengan Rp600.000 per tahap, total tahunan Rp2,4 juta.
  • Anak sekolah, dari tingkat SD hingga SMA, mendapat dukungan variatif mulai dari Rp225.000 hingga Rp500.000 per tahap, dengan total tahunan antara Rp900 ribu hingga Rp2 juta, tergantung pada jenjang pendidikan mereka.
Demikianlah penjelasan terbaru tentang Cara Cek Penerima Manfaat PKH Februari 2024, Pakai Data KTP Klik cekbansos.kemensos.go.id. Semoga bermanfaat.

Sumber: Kompas.tv