Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Lengkap Buku Panduan Guru Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 1 SD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk jati diri dan karakter peserta didik karena pendidikan agama mengarahkan peserta didik untuk menjadi manusia pembelajar yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. sehingga bermuara pada akhlak mulia yang ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mewujudkan peserta didik yang berbudi pekerti luhur, guru dapat menanamkan nilai-nilai luhur bangsa yang termaktub dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong-royong, dan berkebinekaan global sehingga nilai-nilai luhur Pancasila menjadi karakter dalam diri setiap individu pelajar Indonesia.

2 Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas I Profil Pelajar Pancasila menjadi ciri khas pelajar Indonesia yang mempunyai pemahaman mendalam terhadap ajaran agama serta mampu menerapkan pemahaman tersebut secara benar dalam setiap perilakunya. Selain itu, pelajar diharapkan dapat menghormati setiap perbedaan dan mampu menerapkan sikap toleran terhadap sesama.



Buku ini hadir sebagai panduan bagi guru dalam menggunakan buku teks siswa di sekolah dasar kelas 1. Namun, buku ini bukanlah satusatunya pedoman dalam pembelajaran, melainkan merupakan salah satu alternatif panduan dalam pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Dalam implementasinya, guru memiliki kebebasan untuk bereksplorasi dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi aktual siswa dan fasilitas yang tersedia di sekolah.


Bab 1. Aku Cinta Al-Qur’an

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 2. Mengenal Rukun Iman

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 3. Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 4. Mengenal Rukun Islam

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 5. Nabi dan Rasul Panutanku

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Penilaian Akhir Semester 1

Bab 6. Al Qur’an Pedoman Hidupku

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 7. Kasih Sayang terhadap Sesama

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 8. Aku Suka Berterima Kasih dan Disiplin

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 9. Membiasakan Hidup Bersih

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Bab 10. Nabi Adam a.s. Manusia Pertama

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pokok

C. Skema Pembelajaran

D. Panduan Pembelajaran

E. Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Penilaian Akhir Semester 2

Glosarium