Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan SDGs Desa PDF

Buku Panduan SDGs Desa PDFBagi anda yang masih bingung tentang bagaimana panduan pelaksanaan SDGs Desa, berikut ini admin blog juragandesa.id akan membagikan file download buku panduan SDGs Desa 2021 dalam bentuk PDF.
Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa


SDGs Desa merupakan program pemerintah dalam rangka untuk mempercepat pertumbuhan Desa sesuai dengan keadaan Desa yang berdasarkan 18 program tersebut, ternyata masih menimbulkan kebingungan tentang panduan pelaksanaan, pendataan, entry data, rencana aksi dan lain sebagainya.


Sebagai orang yang peduli terhadap program pemerintah ini, suatu kewajiban dan tanggung jawab untuk memahami semua tentang panduan tentang SDGs Desa.

Anda tidak perlu khawatir, admin blog juragandesa.id akan bagikan semua panduan tersebut dalam bentuk file PDF, sehingga Anda dapat download dan di pelajari agar paham bagaimana seluk beluk tentang panduan SDGs Desa.

Tentang SDGs Desa

Bagi semua perangkat desa di seluruh Nusantara, perlu anda ketahui bahwa SDGS Desa akan menjadi rambu untuk kita jalankan agar kita dapat membangun desa yang menjadi tanggung jawab kita sampai generasi mendatang, tanpa mengingkari hak asal usul (rekognisi) dan kewenangan skala lokal desa (subsidiaritas).

Terkait dengan hal tersebut di atas, tidak harus 18 tujuan program tersebut dilakukan dan dicapai semua dalam satu waktu. Karena setiap desa mempunyai kondisi geografis dan sosial masyarakat yang berbeda. Sehingga, Desa bisa memilih prioritas SDGs Desa mana yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Dalam tahapan penentuan Prioritas kita tidak harus mengacu pada perencanaan desa, baik di “RPJMDes” Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau “RKPDes”Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Dengan demikian SDGS Desa bukan konsepsi bersama dari desa. Akan tetapi hal ini justru membantu desa dalam mengarahkan pembangunan desa itu sendiri.

Meskipun begitu, SDGS Desa juga bisa menjadi alat untuk mengetahui apakah ada dari kelompok masyarakat yang tertinggal dalam pembangunan desa yang sedang kita jalankan, Sehingga kelompok masyarakat yang tertinggal seperti kaum difabel, orang jompo, anak yatim, fakir miskin, dan lainnya, tidak tertinggal dalam pembangunan desa, seperti slogan SDGS no one left behind (tidak ada seorang yang tertinggal).

Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa

Adapun Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa meliputi:
  • Pendataan Desa, yaitu proses pengalihan, pengumpulan, pencatatan, verifikasi dan validasi data SDGs Desa. Yang memuat Data objektif kewilayahan dan kewargaan Desa.
  • Pendataan Berupa Aset dan potensi aset Desa yang dapat di dayagunakan untuk pencapaian tujuan pembangunan desa, mengatasi masalah ekonomi sosial dan budaya.
SDGs Desa di gunakan sebagai Bahan Rekomendasi penyusunan program dan kegiatan pembangunan Desa, serta data dan informasi terkait lainnya yang menggambarkan kondisi objektif Desa dan Masyarakat Desa.

Tujuan Pendataan SDGs Desa

Tujuan Pendataan SDGs Desa adalah dalam rangka mengimplementasikan pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat berbasis data, dan tujuannya adalah sebagai berikut:
  • Menyusun Pokja Relawan Pendataan Desa
  • Memutakhirkan data padalevel Desa
  • Memutakhirkan data pada level RT “Rukun Tetangga”
  • Memutakhirkan data pada level Keluarga
  • Memutakhirkan data pada level Warga
  • Menganalisis data sesuai kaidah SDGs Desa
  • Merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai hasil analisi SDGs Desa.
Demikianlah penjelasan singkat tentang SDGs Desa semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan di Desa.

Selengkapnya silakan Download Buku Panduan SDGs Desa PDF. DOWNLOAD DISINI