Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Akun Belajar Id Untuk Guru

Cara Membuat Akun Belajar Id Untuk GuruSimak secara lengkap pembahasan berikut ini tentang cara membuat akun Belajar.id untuk guru. Akun Belajar.id merupakan akun yang dirilis oleh Kemendikbudristek yang bisa memudahkan kegiatan belajar saat pandemi Covid-19. Belajar.id dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi adalah akun pembelajaraan yang dapat digunakan untuk mengakses banyak aplikasi pembelajaran.

Belajar.id bisa diakses oleh pelajar, guru, hingga tenaga pendidikan dari berbagai tingkat sekolah mulai PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, sampai Kesetaraan, dan pamong belajar.

Dengan masuk ke laman Belajar.id, semua orang baik guru maupun siswa bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Di antaranya adalah mengakses platform Kemdikbudristek dan beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.
cara membuat akun belajar id


CARA MEMBUAT AKUN BELAJAR ID UNTUK GURU

Akun Pembelajaran atau akun Belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Di bawah ini adalah Cara Membuat Akun Belajar Id Untuk Guru:
  • Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda
  • Buka halaman mail.google.com,
  • Selanjutnya, masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan
  • Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda
  • Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda
Selain mendapatkan data akun belajar.id dari operator sekolah, pendidik dan peserta didik juga bisa mendapatkan akun secara mandiri melalui website belajar.id.

CARA MENDAPATKAN AKUN BELAJAR.ID UNTUK GURU

Berikut ini adalah Cara Mendapatkan Akun Belajar.id Untuk guru:
  • Buka halaman https://belajar.id/
  • Masukkan data-data Bapak/Ibu berikut: Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung, Tipe Pengguna, pilih Peserta Didik atau Pendidik, Tanggal Lahir dan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
  • Selanjutnya, Klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran”
Berikutnya Bapak/Ibu akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah tersedia atau belum. Berikut beberapa kondisi yang mungkin Anda temui:

Akun tersedia dan sudah aktif

Apabila akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan Akun Pembelajaran Bapak/Ibu untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

Akun tersedia, namun belum aktif

Apabila akun Bapak/Ibu tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut ini:
  1. Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya", Bapak/Ibu akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password). Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor handphone yang terdaftar dengan klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya".
  2. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor handphone Anda yang terdaftar.
  3. Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail
Akun tidak ditemukan

Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan Bapak/Ibu pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

Jika Akun Pembelajaran Bapak/Ibu tetap tidak ditemukan, silakan lakukan pemeriksaan status Akun Pembelajaran Anda ke Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Bapak/Ibu.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Membuat Akun Belajar Id Untuk Guru. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.id