Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Login Siaga Pendis Kemenag Guru PAI

Cara Login Siaga Pendis Kemenag Guru PAI. Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (Siaga Pendis) adalah aplikasi yang dibuat Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk guru pendidikan agama Islam (PAI).

Aplikasi Siaga Pendis berfungsi sebagai sarana validasi dan verifikasi data guru dan pengawas PAI yang mengajar di sekolah umum.

Nantinya, data-data tersebut digunakan untuk melaksanakan sertifikasi dan memudahkan pemberian tunjangan profesi guru (TPG).

Selain itu, data tersebut juga akan dipakai oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam untuk menyelenggarakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

Oleh karena itu, setiap guru dan pengawas PAI wajib memiliki akun Siaga Pendis dan rutin memperbarui data tiap semester atau tiap ada perubahan data.

Tak perlu khawatir, karena Indozone sudah merangkum cara registrasi dan login Siaga Pendis sekaligus mengubah dan mengaktifkan datanya. Simak, ya!
Cara Login Siaga Pendis Kemenag Guru PAI


Download Petunjuk Penggunaan ONLINE Aplikasi Siaga DISINI


JENIS AKUN SIAGA PENDIS

CARA LOGIN SIAGA PENDIS KEMENAG

Berdasarkan buku Panduan Aplikasi Siaga dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (2019), terdapat beberapa jenis akun Siaga Pendis, antara lain:

AKUN PROVINSI/KANWIL

Akun ini digunakan oleh operator di Kementerian Agama tingkat Provinsi. Beberapa fitur yang terdapat pada akun ini yaitu Rekapitulasi Data, Report TPG, Kelola Akun, dan Verval NRG.

AKUN KABUPATEN KOTA

Akun ini digunakan oleh Operator di Kementerian Agama tingkat Kabupaten/Kota untuk mengelola Data Pendidik & Tenaga Kependidikan dan Data Satuan Pendidikan.

Dengan akun ini, operator dapat menambah guru dan pengawas baru, mengangkat kepala sekolah, melakukan verval, dan mengubah data TPG.

AKUN GURU


Akun ini digunakan oleh para guru PAI untuk mengubah data portofolio, jadwal dan tugas, serta data administrasi.

AKUN PENGAWAS


Akun ini digunakan oleh para pengawas untuk mengubah data portofolio dan administrasi. Pada akun ini juga terdapat menu Guru Binaan yang diisi oleh admin Kemenag Kabupaten/Kota.

CARA LOGIN SIAGA PENDIS

Seluruh guru atau pengawas PAI yang belum memiliki akun Siaga Pendis, maka dianggap sebagai guru baru dan pengawas baru.

Data pada aplikasi Siaga Pendis tidak memengaruhi Tanggal Mulai Tugas (TMT), karena TMT didasarkan pada Surat Keputusan (SK) pertama kali menjadi guru atau pengawas.

CARA LOGIN SIAGA PENDIS UNTUK AKUN GURU

Adapun cara login Siaga Pendis untuk akun guru dari situs dan aplikasi yakni sebagai berikut:
CARA LOGIN AKUN PENGAWAS DI APLIKASI DAN SITUS SIAGA PENDIS

Sementara itu, cara login akun pengawas di aplikasi dan situs Siaga Pendis langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Buka situs https://www.siagapendis.com/ atau download aplikasi Siaga Pendis dari Google Play Store.
  • Login sebagai Admin Kab/Kota kemudian klik menu 'Registrasi Pengawas'.
  • Jika berasal dari guru yang sudah ada dalam aplikasi Siaga, pilih 'Dari Daftar Guru yang Sudah Ada'.
  • Pilih 'Input Data Baru' jika bukan berasal dari daftar guru di Siaga Pendis.
  • Lengkapi data, maka nomor akun dan password akan dikirimkan ke email yang didaftarkan.