Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Lengkap Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP PPKn

Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP PPKn. Jika buku teks PKn merupakan sarana belajar bagi siswa, maka buku ini merupakan panduan penggunaan buku teks tersebut. Oleh karena itu, buku referensi buku ini adalah buku teks PPKn Kelas 7 SMP yang baru dikembangkan. Fokusnya adalah pada langkah-langkah yang menggambarkan kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru di setiap sesi. Pembelajaran yang direkomendasikan dalam buku ini adalah penggunaan tiga pendekatan, yaitu, model peran guru-pedagogis, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan pembelajaran situasional. Untuk itu model pembelajaran memang perlu dikaitkan dengan model pembelajaran Citizenship Project, dengan banyak menggunakan diskusi dan demonstrasi.

Namun, keadaan setiap setting pendidikan tentu berbeda. Untuk itu, guru perlu mengembangkan sendiri model pembelajaran yang dianggap relevan dengan pembelajaran yang diusungnya. Guru perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk fokus mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang mereka rasa paling efektif untuk kebutuhan individu mereka.


Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP PPKn

Meminta siswa untuk membaca dan mempelajari setiap bagian materi lebih dahulu akan membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran PPKn dengan menggunakan buku ini. Begitu juga penggunaan pemetaan pikiran (mind mapping) dalam setiap pertemuan seperti pemetaan pikiran yang dicontohkan dalam setiap bab. Berbagai contoh yang ada di dalam buku ini kiranya akan mempermudah guru menyiapkan dan menjalankan proses pembelajaran PPKn yang difasilitasinya.

Bab I. Sejarah Kelahiran Pancasila

Bab II. Norma dan UUD NRI Tahun 1945

Bab III. Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah

Bab IV. Kebinekaan Indonesia

Bab V. Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal

Bab VI. Bekerja Sama dan Bergotong Royong