Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Lengkap Buku Panduan Guru Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 1 SD Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Buku Panduan Guru Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 1 SD Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, diperlukan paradigma baru pendidikan. Salah satu upaya untuk mengimplementasikannya adalah dengan menyediakan bahan ajar yang dapat menjawab tantangan tersebut.

Munculnya buku ajar Pendidikan Agama Hindu dan Moral sebagai salah satu buku ajar menjanjikan memberikan warna baru pada pembelajaran di sekolah. Pendidik dapat menggunakan desain pembelajaran untuk keterampilan abad ke-21 yang diuraikan dalam buku ini untuk mengembangkan potensi penuh siswa untuk mencapai hasil belajar secara berkelanjutan dan berkelanjutan.

Selanjutnya, buku yang diartikulasikan dengan semangat belajar mandiri dan profil siswa Pancasila sebagai bintang pemandu studi, akan membantu mengembangkan sikap dan karakter siswa dengan sraddha dan bhakti (takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia). ). ), keragaman global, gotong royong, kreativitas, nalar kritis dan kemandirian. Hal ini tentunya sejalan dengan visi Kementerian Agama, yaitu: membangun Kementerian Agama yang profesional dan andal untuk membangun masyarakat yang taqwa, moderat, arif, dan unggul untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan maju berdasarkan kepribadian. Tentang gotong royong.


Buku Panduan Guru Materi Pelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 1 SD Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Selanjutnya muatan Weda, Tattwa/Sraddha, Susila, Acara, dan Sejarah Agama Hindu dalam buku ini akan mengarahkan peserta didik menjadi pribadi yang baik, berbakti kepada Hyang Widhi Wasa, mencintai sesama ciptaan Tuhan, serta mampu menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai keluhuran Weda dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhurnya.

Pelajaran agama Hindu adalah upaya mengenal segala sesuatu terkait dengan kegiatan keagamaan peserta didik sehari-hari. Agama Hindu akan memberikan petunjuk seputar pertanyaan mengapa dan bagaimana hal-hal yang peserta didik alami, dan apa yang menjadi kewajiban peserta didik agar dapat menjadi manusia yang baik dan sempurna di mata Hyang Widhi Wasa, sang pencipta alam semesta. Pelajaran agama Hindu disampaikan dengan cara dan metode yang menyenangkan dengan menggunakan media-media yang menarik. Karena di dalam buku guru ini, peserta didik akan belajar hal-hal sebagai berikut:

1. Bab 1 Cerita Ramayana;

2. Bab 2 Ciptaan Hyang Widhi Wasa;

3. Bab 3 Susila Tri Kaya Parisudha;

4. Bab 4 Acara Tri Sandhya dan Dainika Upasana.

Pelajaran agama Hindu untuk kelas 1 SD disampaikan dengan cara yang menyenangkan, agar peserta didik dapat mengungkapkan hal-hal baru untuk dipelajari, pengetahuan baru dan membuka kesempatan untuk berlatih keterampilan baru dengan cara bertanya, praktik langsung, bermain peran, menyaksikan video dan tentu saja gaya pendidik ketika menyampaikan cerita kepada peserta didik. Dengan demikian peserta didik dapat membuat keputusan-keputusan penting untuk diri mereka ke depan.