Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Juknis Asesmen Nasional (ANBK) Terbaru 2022

Juknis Asesmen Nasional (ANBK) Terbaru 2022Penilaian Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian yang dilakukan oleh pemerintah untuk memetakan kualitas sistem pendidikan di sekolah/madrasah dengan menggunakan Alat Penilaian Kompetensi Minimum (AKM), Survei Kepribadian dan Survei Lingkungan Belajar. .

Dalam praktiknya, Penilaian Nasional (AN) hanya dapat dilakukan dengan menggunakan sistem pengujian berbasis komputer. Mode uji opsional adalah mode online (online penuh) dan mode semi-online.

Mekanisme dan tata cara pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) mengacu pada Stasiun Asesmen Nasional berbasis komputer yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standarisasi Pendidikan, Kurikulum dan Asesmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Petunjuk Teknis Penilaian Nasional (ANBK) Terbaru 2022

Selain itu, hal teknis pelaksanaan di bidang ini akan dijelaskan lebih rinci dalam Pedoman Teknis Pelaksanaan (Juknis) Penilaian Nasional (AN) yang dapat diunduh di akhir artikel ini.

Petunjuk teknis ANBK 2022 terbaru ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis dan bimbingan kepada para pelaksana AN di semua tingkat pusat, kabupaten dan sekolah/madrasah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (POS) Penilaian Nasional.

Bimbingan Teknis ANBK 2022 tidak sepenuhnya mencakup bagian-bagian dalam POS Asesmen Nasional 2022, namun hal-hal teknis yang dianggap penting dan tidak tercantum dalam AN POS akan diperjelas dalam Bimbingan Teknis ini.

Diharapkan melalui Petunjuk Teknis Pelaksanaan AN 2022, seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 dapat berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan informasi asesmen yang akan membantu meningkatkan dan memajukan proses Asesmen Nasional 2022. masa depan.

Tugas dan Tanggung Jawab AN Online (Online) atau Semi Online (Semi Online) SMP/MTs

Dalam melaksanakan AN, panitia setingkat satuan pendidikan wajib melakukan hal-hal sebagai berikut:
  • Memastikan operasi yang aman dan tertib di lingkungan AN;
  • Mengelola sarana dan prasarana penilaian nasional agar berfungsi dengan baik;
  • memastikan koneksi internet selalu dalam kondisi baik;
  • mengontrol arus untuk menjaga stabilitas;
  • Pastikan generator/tenaga cadangan tersedia, prediksi pemadaman;
  • Berkoordinasi dengan tim teknis tingkat Kabupaten/Kota ketika masalah teknis tidak terkendali.
DOWNLOAD PEDOMAN ANBK TERBARU TAHUN 2022

Pedoman Asesmen Nasional 2022 disusun sesuai dengan peraturan Kepala Badan Standarisasi, Kurikulum, dan Penilaian Pendidikan, Kemdikbudristek No.: 013/H/PG.00/2022 Tentang Asesmen Nasional POS 2022.

Pedoman ANBK 2022 diperuntukkan bagi Tim Teknis Provinsi, Tim Teknis Kabupaten/Kota, Pengawas AN Sekolah/Madrasah, Teknisi AN Sekolah/Madrasah dan Pengawas AN Sekolah/Madrasah. Dalam rangka pelaksanaan Penilaian Nasional (AN). Silakan unduh Manual Teknis Penilaian Nasional (AN) 2022 terbaru di sini: DOWNLOAD DISINI.

Demikian informasi mengenai Pedoman Penilaian Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 terbaru, semoga dapat bermanfaat.