Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur MandiriTerkait dengan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. Sebagai seorang guru, saya banyak mendapatkan pertanyaan dari teman-teman seperjuan terkait dengan Langkah langkah implementasi Kurikulum Merdeka? Bagaimana implementasi Merdeka belajar di sekolah? Apa yang dimaksud dengan implementasi kurikulum?

Nahh..! Pada postingan berikut ini admin blog juragandesa.id akan mengupas secara tuntas terkait dengan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. Silakan baca sampai habis karena ini penting bagi guru dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri disekolah.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menerbitkan tentang kebijakan (Kurikulum Merdeka) tentang pedoman pelaksanaan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran sebagai pelengkap kurikulum sebelumnya. Aturan Ini ada di Kepmendikbudristek No. 56 tahun 2022.

Sebagaimana dikutip dari Buku Saku Tanya-Jawab Kurikulum Merdeka yang terdapat pada halaman 9, merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Kurikulum merdeka memberi guru fleksibilitas untuk memilih dari berbagai bahan ajar, memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pembelajaran peserta didik dengan kebutuhan dan minat belajar peserta didik.

Projek Peningkatan Profil Pelajar Pancasila (P5) digunakan untuk meningkatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah

Implementasi Kurikulum Merdeka tidak dilaksanakan secara impulsif dan masif, hal ini sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan kebebasan pada satuan pendidikan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka.

Beberapa program yang mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka adalah adanya program Sekolah Penggerak (SP) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK). hasil pendataan yang dilakukan oleh Kemendikburistek memperoleh data kesiapan satuan pendidikan sampai saat ini ada sebanyak 143.265 sekolah yang akan menggunakan Kurikulum Merdeka jalur mandiri.

Satuan Pendidikan didukung dengan baik oleh kemendikbudristek dalam menjalankan Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri.

STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA JALUR MANDIRI

Beberapa strategi implementasi kurikulum merdeka jalur mandiri, yang digunakan sebagai tindak lanjut dari ari kebijakan Kemendikburistek, antara lain:
  • MENENTUKAN PILIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Alur penerapan kurikulum merdeka selangkah demi selangkah hal ini untuk memfasilitasi satuan pendidika mengenali kesiapannya sebagai dasar menentukan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka serta memberikan umpan balik berkala

Hal tersebut dilakukan untuk menjabarkan kebutuhan penyesuaian dukungan Implementasi Kurikulum Merdeka dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.
  • MEMBERIKAN ASESMEN DAN PERANGKAT AJAR
Memberikan asesmen dan perangkat ajar, pendekatan strategi, dalam bentuk digital yang dapat digunakan satuan pendidikan dalam melakukan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan satuan Pendidikan dalam melakukan strategi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  • MEMBERI PELATIHAN MANDIRI DAN SUMBER BELAJAR GURU
Memberi pelatihan mandiri dan Sumber belajar Guru, hal ini berfungsi dalam melaksanakan pelatihan mandiri Kurikulum Merdeka yang dapat diakses secara daring oleh guru dan tenaga kependidikan untuk memudahkan adopsi Kurikulum Merdeka

Pelatihan tersebut dapat diakses secara daring atau online oleh guru dan tenaga kependidikan untuk memudahkan adopsi Kurikulum Merdeka dan juga sumber belajar dalam bentuk video, podcast, atau ebook yang bisa diakses daring dan didibagikan
  • MENYEDIAKAN NARASUMBER KURIKULUM MERDEKA
Menyediakan Narasumber Kurikulum Merdeka. Narasumber kurikulum merdeka berasal dari Sekolah Penggerak/SMK PK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penyediaan Narasumber ini dapat dalam bentuk webinar atau pertemuan luring yang diselenggarakan pemerintah daerah atau satuan Pendidikan.

Pertemuan secara langsung juga dapat dalam bentuk webinar, lokakarya, maupun pertemuan lainya di daerah atau satuan Pendidikan
  • MENYEDIAKAN PENGEMBANGAN FASILITAS BELAJAR
Menyediakan pengembangan fasilitas belajar, Komunitas tersebut dibentuk oleh lulusan guru penggerak atau diinisiasi oleh pengawas sekolah sebagai wadah saling bertukar praktik adopsi kurikulum merdeka di internal satuan Pendidikan dan antar satuan Pendidikan.

Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan fleksibilitas untuk satuan pendidikn menentukan pilihan berdasarkan kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang dapat digukana untuk mengukur kesiapan guru dan tenaga pendidik.

Demikianlah penjelasan tentang Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam juragandesa.id

Penelusuran terkait
  • implementasi kurikulum merdeka belajar
  • pendaftaran implementasi kurikulum merdeka
  • kurikulum merdeka belajar pdf
  • kurikulum merdeka belajar sma
  • kurikulum merdeka belajar adalah
  • kurikulum merdeka belajar sd
  • ikm kurikulum merdeka
  • contoh kurikulum merdeka belajar