Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Lengkap Tema P5 Kurikulum Merdeka

Tema Projek Profil Pancasila. Simak contoh P5 Kurikulum Merdeka, penjelasan apa saja contoh tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pahami seperti apa contoh P5 Kurikulum Merdeka, mulai jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK.

Salah satu hal penting yang hendak dicapai dalam Kurikulum Merdeka adalah terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Apa itu Profil Pelajar Pancasila? Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yangh memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Dalam Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila ini menjadi tujuan dari berbagai strategi dan metode dalam pembelajaran.

Apa yang dimaksud dengan P5 dalam Kurikulum Merdeka? Seperti apa contoh P5 Kurikulum Merdeka?

P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Secara prinsip, pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Sebagaimana telah Dijelaskan dalam buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang diterbitkan oleh BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Sebagaimana yang tertuang dalam panduan tersebut bahwa Kemendikbudristek telah menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan.

Dimulai pada tahun ajaran 2021/2022, terdapat empat tema untuk jenjang PAUD dan delapan tema untuk SD-SMK dan sederajat yang dikembangkan berdasarkan isu prioritas dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035, Sustainable Development Goals, dan dokumen lain yang relevan.

Berikut ini Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tema Projek Profil PAUD

- Aku Sayang Bumi "Gaya Hidup Berkelanjutan"

- Aku Cinta Indonesia "Kearifan Lokal"

- Kita Semua Bersaudara "Bhinneka Tunggal Ika"

- Imajinasi dan Kreativitasku "Rekayasa dan Teknologi"

Tema Projek Profil SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat

- Gaya Hidup Berkelanjutan

- Kearifan Lokal

- Bhinneka Tunggal Ika

- Bangunlah Jiwa dan Raganya

- Suara Demokrasi

- Rekayasa dan Teknologi

- Kewirausahaan

- Kebekerjaan

Dalam 1 tahun ajaran, peserta didik mengikuti projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

Untuk memahami secara lebih detail tentang contoh P5 Kurikulum Merdeka, silakan simak Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di link berikut: DOWNLOAD DISINI

Demikian contoh tema projek profil pancasila, penjelasan apa saja contoh tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Penelusuran terkait
  • p5 dalam kurikulum merdeka
  • p5 kurikulum merdeka
  • apa itu p5 dalam kurikulum merdeka