Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DOWNLOAD Bentuk Penilaian Kurikulum Merdeka

Bentuk Penilaian Kurikulum MerdekaKurikulum merdeka merupakan kurikulum yang akan diterapkan mulai semester 2022/2023. Kurikulum mandiri diperkenalkan sebagai nama alternatif dari kurikulum prototipe, yang pada dasarnya memiliki sifat dan tujuan yang sama.
sistem penilaian merdeka belajar standar penilaian kurikulum merdeka format penilaian kurikulum merdeka belajar sd panduan penilaian kurikulum merdeka penilaian kurikulum merdeka untuk sd format penilaian kurikulum merdeka belajar smp rubrik penilaian kurikulum merdeka penilaian kurikulum merdeka paud

Kerangka kurikulum yang diterapkan di sekolah penggerak telah menggunakan Kurikulum Merdeka. Dalam hal ini Pemerintah berperan menyiapkan:

Profil Pelajar Pancasila. Kompetensi dan karakter yang tertuang dalam 6 dimensi, berfungsi sebagai penuntun arah yang memandu segala kebijakan dan pembaruan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk pembelajaran dan asesmen.

Struktur kurikulum. Jabaran mata pelajaran beserta alokasi jam pembelajaran.

Capaian Pembelajaran (CP). Kompetensi dan karakter yang dicapai setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu.

Prinsip pembelajaran dan asesmen. Berfungsi sebagai nilai-nilai yang mendasari pelaksanaan pembelajaran dan asesmen.

Assessment atau penilaian berperan penting dalam memahami kekuatan dan kelemahan siswa dan dapat digunakan untuk merancang program pembelajaran yang objektif. Hal ini karena evaluasi memiliki dua fungsi yaitu fungsi formatif dan fungsi umum.

Fungsi formatif, assessment digunakan untuk memberikan umpan balik (keterkaitan) peserta didik dan digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan proses pembelajaran. Selain itu, siswa dapat mengalami proses peningkatan standar pembelajaran.

Sedangkan fungsi Sumatif, digunakan menentukan kelulusan peserta didik dalam suatu subjek dan digunakan sebagai bahan pembuatan laporan dan menjadi dasar pengambilan keputusan.

Penilaian Hasil Belajar Siswa memiliki pengertian sebagai suatu proses rencana untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar yang menggunakan instrumen test maupun non test.

DOWNLOAD Bentuk Penilaian Kurikulum Merdeka. DOWNLOAD DISINI

Penelusuran terkait
  • sistem penilaian merdeka belajar
  • standar penilaian kurikulum merdeka
  • format penilaian kurikulum merdeka belajar sd
  • panduan penilaian kurikulum merdeka
  • penilaian kurikulum merdeka untuk sd
  • format penilaian kurikulum merdeka belajar smp
  • rubrik penilaian kurikulum merdeka
  • penilaian kurikulum merdeka paud