Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DOWNLOAD Modul 1.1 Guru Penggerak PDF

Modul 1.1 Guru Penggerak PDF | Modul ini berisi tentang konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial-budaya), serta bersikap reflektif kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara (KHD)  dan relevansinya terhadap konteks pendidikan di daerah para CGP.
modul 1.1 guru penggerak pdf modul 1.1 cgp refleksi modul 1.1 guru penggerak jawaban modul 1.1 guru penggerak rangkuman filosofi ki hajar dewantara tugas modul 1.1 guru penggerak refleksi filosofi pendidikan ki hajar dewantara modul 1.1 guru penggerak ppt

Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional KHD  ini Disusun oleh : Simmon Petrus Rafael,M.Pd dan dicetak oleh Kemdikbudristek, Dirjen GTK, Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas sekolah dan tenaga kependidikan. 2022.

Capaian Kompetensi Lulusan Modul 1.1

Dengan mempelajari dan memahai modul 1.1 ini para CGP mencapai Kompetensi Lulusan sebagai berikut:
  1. Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
  2. Guru Penggerak, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.

Capaian Umum Modul 1.1

Secara umum, capaian modul ini adalah:
  1. Guru Penggerak mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  2. Guru Penggerak, mampu mengambil pembelajaran dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara untuk diterapkan sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.

Capaian Khusus Modul 1.1

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu memiliki:
  1. Pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD),
  2. Keterampilan mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelas dan sekolah agar terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter,
  3. Sikap reflektif-kritis dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasar- dasar Pendidikan KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.

Isi Materi Modul

  1. Refleksi pendidikan Indonesia dari Zaman Kolonial
  2. Tulisan Ki Hadjar Dewantara (KHD): 
    • Dasar-Dasar Pendidikan; dan 
    • Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak; 
    • Pidato Sambutan Ki Hadjar Dewantara. Dewan Senat Universitas Gadjah Mada, 7 November 1956
  3. Relevansi dan kontekstualisasi Filosofi Pendidikan KHD yang disesuaikan dengan konteks Pendidikan di tingkat daerah dan tingkat nasional.
Silahkan full Download isi modul pada link berikut ini :


Penelusuran terkait
  • modul 1.1 guru penggerak pdf
  • modul 1.1 cgp
  • refleksi modul 1.1 guru penggerak
  • jawaban modul 1.1 guru penggerak
  • rangkuman filosofi ki hajar dewantara
  • tugas modul 1.1 guru penggerak
  • refleksi filosofi pendidikan ki hajar dewantara
  • modul 1.1 guru penggerak ppt