Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PMM Kurikulum Merdeka

PMM Kurikulum MerdekaDalam rangka memudahkan guru untuk mengimplementasikan konsep Kurikulum Merdeka, Kemendikbudristek telah meluncurkan sebuah platform. Platform ini disebut Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan bagian dalam program Merdeka Belajar Episode 15, yang diluncurkan pada bulan Februari tahun 2022 lalu.
pmm kurikulum merdeka login login merdeka belajar kurikulum merdeka belajar kurikulum merdeka mengajar aplikasi merdeka belajar merdeka belajar kemdikbud pmm merdeka mengajar login merdeka mengajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan kawan bagi para guru ini juga memiliki 3 fungsi utama yakni:


Mengajar

Di Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini, tersedia bayak perangkat ajar dan referensi bagi guru untuk mengajar sesuai dengan kosep Kurikulum Merdeka. Contohnya adalah asesmen murid serta analisis diagnostik literasi dan numerisasi, serta ada juga model proyek dan buku murid yang dapat diunduh atau diakses secara online.

Belajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) juga, guru dapat terus belajar dan mengembangkan kompetensinya di manapun dan kapanpun secara mandiri. Guru juga bisa mendapatkan berbagai materi dan pelatihan untuk dirinya sendiri dalam bentuk video inspiratif.

Berkarya

Terakhir, di Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini, para guru juga bisa berkarya dan membangun portofolio, yakni memaparkan hasil karya dalam bentuk video. Para guru juga bisa memberikan feedback satu sama lain disana. Yang terpenting, platfrom ini mendorong guru untuk berkarya dan meneydiakan wadah praktik.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) juga menyediakan referensi pengajaran dan peningkatan kompetensi untuk para guru, dimana menurut Kepala Pusat Data dan Infoemasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, platform ini mendapatkan antusiasme yang baik bagi para pengajar. Diantara para pengajar tersebut, pengajar dari daerah tertinggal, terdepat dan terluar (3T) juga memiliki antusias yang tergolong sangat baik.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, terdapat 100.000 akun belajar.id dari daerah 3T yang sudah teraktivasi berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusdatin. Dicatat juga, ada 29.000 tenaga pengajar yang telah mengakses PMM dan 20.000 lainnya juga sudah menggunakan lima produk atau menu utama di PMM.

Selain itu, Platform Merdeka Mengajar (PMM) juga memiliki 5 produk yaitu: 1) Pelatihan Mandiri, 2) Video Inspirasi, 3) Bukti Karya Saya, 4) Asesmen Murid, dan 5) Perangkat Ajar. Platform ini juga bisa dibuka lewat situs web dan aplikasi serta diakses menggunakan Laptop atau smartphone. Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini juga dikatakan akan terus melakukan perbaikan dan pembaharuan untuk mendukung kemudahan mengakses platform ini.

Perlu diketahui, melalui salah satu dari lima fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM) yakni Bukti Karya, telah dijelaskan sebelumnya bahwa para pengajar bisa mengunggah bukti karya berupa videonya masing – masing. Bisa juga mengunggah bahan ajar, modul ajar praktik pembelajaran, dan lain sebagagainya untuk juga bisa dimanfaatkan oleh guru lainnya.

Menurut laporan, telah ada 80.000 karya yang diunggah di Platform Merdeka Mengajar pada menu Bukti Karya. 80.000 karya ini, diunggah oleh lebih dari 30.000 tenaga pengajar dari berbagai provinsi di Indonesia, yang mana membuktikan bahwa Platform ini telah menyebarkan semangat positif yang menular.

Penelusuran terkait
  • pmm kurikulum merdeka login
  • login merdeka belajar
  • kurikulum merdeka belajar
  • kurikulum merdeka mengajar
  • aplikasi merdeka belajar
  • merdeka belajar kemdikbud
  • pmm merdeka mengajar
  • login merdeka mengajar