Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DOWNLOAD Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Perangkat pembelajaran adalah kesatuan perencanaan dan pengadministrasian yang disusun guna mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran. Merujuk pada Kunandar (2014: 6) menerangkan bahwa memang setiap guru pada tiap satuan pendidikan hendaknya wajib untuk menyusun perangkat pembelajaran. Adapun penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sma ini dapat dibuat secara lengkap, sistematis, interaktif, dan jelas sehingga dapat memotivasi para peserta didik untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran di sekolah.
download perangkat pembelajaran kurikulum merdeka perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar sd perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sd kelas 1 perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smk perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smp perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smp 2022 perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pdf perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sma

Di samping itu, perlu dipahami bersama bahwa perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pdf memiliki peran yang krusial pada seorang guru ketika akan memulai pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu mengidentifikasi perangkat pembelajaran apa saja yang akan digunakannya.


PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PDF

Setelah memahami apa itu yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka dan perangkat pembelajaran, kini Anda juga perlu untuk memahami bagaimana penerapan perangkat pembelajaran yang berlaku khusus di Kurikulum Merdeka tersebut.

Pada dasarnya, perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smp 2022 tidaklah jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni menggunakan Silabus, RPP, dan lain sebagainya. Namun ada tambahan unsur kebaruan yaitu dalam hal alat pembelajaran yang menghadirkan sentuhan teknologi termutakhir. Silakan simak selengkapnya pada poin-poin di bawah ini:

SILABUS

Silabus menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan termasuk dalam Kurikulum Merdeka. Sebab, di dalam silabus ini tertuang secara lengkap segala hal mengenai identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tema, materi pokok, alokasi waktu, indikator capaian, dan lain sebagainya.

Dengan menyusun silabus, Anda akan semakin mudah untuk memetakan pelaksanaan pembelajaran. Silabus yang disusun juga akan lebih terealisasi dengan baik apabila dibantu dengan kehadiran perangkat pembelajaran lainnya seperti Kalender Akademik, Lembar Kerja Siswa, Bank Soal, Portofofio Siswa, dan lain sebagainya.

RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)

Sebagaimana satuan pendidikan pada umumnya, satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka juga perlu untuk membuat RPP sebagai rencana dalam pembelajaran akan ketika dilaksanakan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Di samping itu, RPP juga akan memperjelas alur pembelajaran di kelas agar tidak hilang arah.

Hal yang membedakan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar sd dengan kurikulum sebelumnya adalah dalam RPP adalah penggunaan istilah Kompetensi Dasar (KD) yang dalam kurikulum merdeka menggunakan istilah Capaian Pembelajaran (CP). Di samping itu, Capaian Pembelajaran juga harus senantiasa disesuaikan dengan profil pelajar Pancasila.

Platform Merdeka Mengajar

Setelah disusunnya Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk mewujudkan perubahan sistemik yang masif pada sistem pendidikan nasional, medium atau alat penunjang pembelajaran juga sangat dibutuhkan agar mendorong tercapainya tujuan pendidikan. Oleh karena itu, dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sd kelas 1 hadirlah platform Merdeka Mengajar yang berperan sebagai sarana edukasi untuk membantu kegiatan belajar dan mengajar.

Dengan platform Merdeka Mengajar tersebut juga merupakan upaya pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan. Anda dapat dengan mudah mengakses platform Merdeka Mengajar melalui tautan resmi https://guru.kemdikbud.go.id.

DOWNLOAD perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. DOWNLOAD DISINI

Penelusuran terkait
  • download perangkat pembelajaran kurikulum merdeka
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar sd
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sd kelas 1
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smk
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smp
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka smp 2022
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pdf
  • perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sma