Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

P5 Dalam Kurikulum Merdeka

P5 dalam kurikulum merdeka merupakan salah satu pendekatan dalam pendidikan yang dikenalkan oleh pemerintah Indonesia dalam kurikulum terbaru yaitu Kurikulum 2021. P5 merupakan singkatan dari "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" yang merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
P5 Dalam Kurikulum Merdeka

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka:


Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Pembelajaran berbasis proyek adalah sebuah pendekatan pembelajaran dimana siswa belajar melalui proyek-proyek yang memiliki tujuan belajar dan kompetensi yang ingin dicapai. Proyek ini biasanya melibatkan aktivitas kolaboratif antara siswa dan dilakukan dalam waktu yang relatif lama. Dalam P5, pembelajaran berbasis proyek diaplikasikan untuk mengajarkan keterampilan sosial, keterampilan kolaborasi, dan keterampilan kreatifitas.

Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experience-Based Learning)

Pembelajaran berbasis pengalaman adalah sebuah pendekatan pembelajaran dimana siswa belajar melalui pengalaman yang mereka alami dalam situasi nyata. Dalam P5, pembelajaran berbasis pengalaman diaplikasikan untuk membuka wawasan siswa tentang kehidupan sehari-hari, lingkungan sekitar, serta untuk meningkatkan rasa empati terhadap orang lain.

Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery-Based Learning)

Pembelajaran berbasis penemuan adalah sebuah pendekatan pembelajaran dimana siswa belajar melalui eksplorasi dan penemuan yang mereka lakukan sendiri. Dalam P5, pembelajaran berbasis penemuan diaplikasikan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa dalam menemukan solusi dari suatu masalah atau situasi.

Dengan menerapkan pendekatan P5, diharapkan siswa dapat belajar secara efektif dan efisien serta dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan. P5 juga memperkuat aspek pembelajaran yang terkait dengan pengalaman dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.