Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 telah dibuka sejak bulan Februari lalu untuk jalur SNBP. Hal ini juga menandakan pembukaan pendaftaran KIP Kuliah pada tahun 2023. Lantas, kapan terakhir waktu pendaftaran KIP Kuliah 2023?
pendaftaran kip kuliah 2023/2024 http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran syarat kip kuliah 2023 kip kuliah kemdikbud go id 2023 cara daftar kip kuliah bagi yang tidak punya kip daftar kip online universitas yang menerima kip kuliah daftar kip kuliah

Menurut situs Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemdikbud, penutupan pendaftaran KIP Kuliah 2023 akan jatuh pada 31 Oktober 2023. Jadwal ini mengikuti seluruh tahapan penerimaan mahasiswa baru baik di PTN maupun PTS. Kemudian pengumuman penerima KIP Kuliah akan diumumkan pada 1 Juli hingga 31 Oktober 2023.


Pendaftaran beasiswa KIP Kuliah dibuka setiap tahunnya dan terbuka bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi kurang. Bagi penerima KIP Kuliah, nantinya akan mendapat bantuan biaya pendidikan, tunjangan biaya hidup, hingga pelatihan kapasitas diri.

Jika anda tertarik untuk mendaftar KIP Kuliah, bisa simak syarat hingga jadwal KIP Kuliah 2023 berikut.

SYARAT MENDAFTAR KIP KULIAH 2023

Berikut ini merupakan syarat mendaftar kip kuliah 2023:
  1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  4. Mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  5. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu.
KRITERIA PESERTA LAYAK KIP KULIAH 2023

Berikut ini merupakan kriteria peserta layak kip kuliah 2023:
  1. Lulusan SMA, SMK, atau sederajat
  2. Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah siswa dan siswi lulusan SMA, SMK, atau sederajat yang lulus pada tahun 2023 ini atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya, yakni tahun 2022 atau 2021.
  3. Lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  4. Kedua, siswa dan siswi tersebut lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.
  5. Potensi Akademik Baik dan Berasal dari Keluarga dengan Keterbatasan Ekonomi
  6. Siswa dan siswi memiliki potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.
CARA DAFTAR KIP KULIAH 2023

Adapun tatacara mendaftar KIP Kuliah adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan pendaftaran melalui di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Input data pada NIK, NPSN, NISN, dan alamat email yang aktif.
  3. Apabila data yang diinput berhasil divalidasi, sistem KIP kuliah akan mengirimkan Nomor
  4. Lakukan pendaftaran dan Kode Akses melalui alamat email yang didaftarkan.
  5. Lakukan pendaftaran hingga selesai di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih (SNBP, SNBT, Mandiri, dan seterusnya).
  6. Apabila diterima di perguruan tinggi, pendaftar kemudian boleh melakukan verifikasi kepada perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
JADWAL PENDAFTARAN KIP KULIAH 2023

Berikut ini merupakan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023:
  1. Registrasi Akun/Pendaftaran KIP Kuliah 2023: 14 Februari-31 Oktober 2023
  2. Penetapan Penerima Baru: 1 Juli-31 Oktober 2023
Demikianlah penjelasan lengkap tentang syarat mendaftar kip kuliah 2023, kriteria peserta layak kip kuliah 2023, cara daftar kip kuliah 2023 serta jadwal pendaftaran kip kuliah 2023. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi anda semua.

Penelusuran terkait
  • pendaftaran kip kuliah 2023/2024
  • http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran
  • syarat kip kuliah 2023
  • kip kuliah kemdikbud go id 2023
  • cara daftar kip kuliah bagi yang tidak punya kip
  • daftar kip online
  • universitas yang menerima kip kuliah
  • daftar kip kuliah