Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli
Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli. Kurikulum Merdeka adalah sebuah konsep kurikulum yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2021. Konsep ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter yang mengedepankan kemandirian, kreativitas, dan inovasi pada siswa.
Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi inti dan keterampilan generik, serta memperkuat pendidikan karakter melalui pembelajaran aktif dan kolaboratif. Konsep kurikulum ini juga memperhatikan penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran dan pendekatan pembelajaran berbasis masalah.
Kurikulum Merdeka juga memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan fokus dan pilihan mata pelajaran sesuai dengan kondisi lokal, potensi siswa, dan kebutuhan industri. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mandiri, kreatif, dan inovatif, serta siap menghadapi tantangan global di masa depan.
Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli
Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum yang diusung oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya memperkuat pendidikan karakter yang mengedepankan kemandirian dan kreativitas siswa. Berikut adalah beberapa definisi Kurikulum Merdeka menurut para ahli:
Penelusuran terkait
Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi inti dan keterampilan generik, serta memperkuat pendidikan karakter melalui pembelajaran aktif dan kolaboratif. Konsep kurikulum ini juga memperhatikan penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran dan pendekatan pembelajaran berbasis masalah.
Kurikulum Merdeka juga memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan fokus dan pilihan mata pelajaran sesuai dengan kondisi lokal, potensi siswa, dan kebutuhan industri. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mandiri, kreatif, dan inovatif, serta siap menghadapi tantangan global di masa depan.
Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli
Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum yang diusung oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya memperkuat pendidikan karakter yang mengedepankan kemandirian dan kreativitas siswa. Berikut adalah beberapa definisi Kurikulum Merdeka menurut para ahli:
- Drs. H. M. Arief Rahman, M.Pd: Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memperhatikan pembentukan karakter bangsa dan mengedepankan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan penerapan teknologi informasi.
- Prof. Dr. H. Mohammad Nuh, MA: Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang mengutamakan pengembangan karakter bangsa dengan mengajarkan kemandirian, kejujuran, kepemimpinan, toleransi, dan kreativitas.
- Prof. Dr. Iwan Syahril, M.Pd: Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang menitikberatkan pada pengembangan karakter bangsa dan kemandirian siswa melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif dan adaptif.
- Prof. Dr. M. Nasir, MA: Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang mengacu pada pengembangan kompetensi inti dan keterampilan generik serta memperkuat pendidikan karakter melalui pembelajaran aktif dan kolaboratif.
Penelusuran terkait
- pengertian kurikulum merdeka menurut para ahli pdf
- jurnal kurikulum merdeka
- makalah kurikulum merdeka
- kurikulum merdeka untuk sd
- tujuan kurikulum merdeka kemdikbud
- tujuan kurikulum merdeka
- materi kurikulum merdeka
- contoh kurikulum merdeka