Perbedaan Asesmen Formatif Dan Sumatif
Perbedaan Asesmen Formatif Dan Sumatif. Asesmen formatif dan sumatif adalah dua jenis asesmen yang berbeda dalam hal tujuan, waktu, dan konteks penggunaannya. Berikut adalah perbedaan antara asesmen formatif dan sumatif:
Tujuan:
Penelusuran terkait
Tujuan:
- Asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan mengukur kemajuan belajar siswa selama proses pembelajaran. Asesmen formatif biasanya dilakukan secara terus-menerus dan berulang, sehingga dapat memberikan umpan balik yang lebih cepat kepada siswa dan guru mengenai pemahaman dan kekurangan siswa.
- Sementara asesmen sumatif bertujuan untuk mengukur kemampuan belajar siswa pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti pada akhir semester atau pada akhir tahun pelajaran. Asesmen sumatif seringkali digunakan untuk memberikan nilai akhir pada siswa dan juga untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran.
- Asesmen formatif dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Asesmen formatif dapat dilakukan setiap saat dan sering dilakukan di dalam kelas sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran harian.
- Sedangkan asesmen sumatif dilakukan pada akhir periode pembelajaran, biasanya setelah selesai satu topik atau materi ajaran. Asesmen sumatif dilakukan dengan waktu yang terbatas dan seringkali dilakukan dalam bentuk tes atau ujian.
- Asesmen formatif biasanya digunakan oleh guru untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan belajar mereka dan untuk memperbaiki pengajaran mereka selama proses pembelajaran. Asesmen formatif dapat digunakan oleh siswa untuk memperbaiki kelemahan mereka dalam pembelajaran.
- Sementara asesmen sumatif biasanya digunakan untuk memberikan penilaian akhir terhadap kemampuan belajar siswa dan untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru.
Penelusuran terkait
- contoh asesmen formatif dan sumatif
- contoh penilaian formatif dan sumatif pdf
- asesmen formatif dan sumatif pdf
- contoh penilaian sumatif
- formatif adalah
- fungsi asesmen formatif
- sumatif adalah
- fungsi asesmen formatif dan sumatif