Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Prinsip Penyusunan RPP

Prinsip Penyusunan RPP. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah suatu dokumen yang menggambarkan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh seorang guru. RPP bertujuan untuk membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. 
8 prinsip penyusunan rpp prinsip penyusunan rpp kurikulum 2013 langkah penyusunan rpp 6 prinsip penyusunan rpp prinsip penyusunan rpp pdf prinsip penyusunan rpp menurut permendikbud no. 22 tahun 2016 komponen penyusunan rpp prinsip komponen rpp
Berikut adalah beberapa prinsip penyusunan RPP:
  • Menyusun tujuan pembelajaran yang jelas: RPP harus mencantumkan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur. Tujuan ini harus dapat memberikan gambaran jelas tentang apa yang diharapkan dari siswa setelah selesai mengikuti pembelajaran.
  • Mengaitkan dengan kurikulum: RPP harus mengaitkan pembelajaran dengan kurikulum yang berlaku. RPP harus mencantumkan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator yang relevan dengan materi yang akan diajarkan.
  • Menyusun strategi pembelajaran yang efektif: RPP harus mencantumkan strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Strategi pembelajaran harus mencakup penggunaan berbagai metode pembelajaran, teknologi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran yang sesuai.
  • Menyusun kegiatan pembelajaran yang bervariasi: RPP harus mencantumkan kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan menarik perhatian siswa. Kegiatan pembelajaran harus mencakup kegiatan individual, kelompok, dan kelas.
  • Mengadaptasi pembelajaran untuk kebutuhan siswa: RPP harus mengadaptasi pembelajaran untuk kebutuhan siswa yang berbeda. RPP harus mencantumkan strategi diferensiasi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.
  • Mencantumkan penilaian pembelajaran: RPP harus mencantumkan penilaian pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penilaian pembelajaran harus mencakup penilaian formatif dan sumatif, serta menggunakan berbagai jenis instrumen penilaian.
  • Mengkaitkan dengan kehidupan nyata: RPP harus mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. RPP harus mencantumkan contoh-contoh aplikasi materi yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan memperhatikan prinsip-prinsip di atas, seorang guru dapat menyusun RPP yang efektif dan efisien untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang baik dan berhasil.


Penelusuran terkait
  • 8 prinsip penyusunan rpp
  • prinsip penyusunan rpp kurikulum 2013
  • langkah penyusunan rpp
  • 6 prinsip penyusunan rpp
  • prinsip penyusunan rpp pdf
  • prinsip penyusunan rpp menurut permendikbud no. 22 tahun 2016
  • komponen penyusunan rpp
  • prinsip komponen rpp