Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar

Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar. Pada pembahasan berikut ini admin blog juragandesa.id akan membahas tuntas tentang Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar. Berdasarkan Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Skor PISA ini tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam sepuluh hingga lima belas tahun terakhir. Studi tersebut memperlihatkan adanya kesenjangan besar antarwilayah dan antarkelompok sosial-ekonomi dalam hal kualitas belajar. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19.
Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar

Untuk mengatasi hal sebagaimana tersebut, Kemendikbudristek berupaya melakukan penyederhanaan kurikulum dalam kondisi khusus (kurikulum darurat) untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada masa pademi. Hasilnya, dari 31,5% sekolah yang menggunakan kurikulum darurat menunjukkan, penggunaan kurikulum darurat dapat mengurangi dampak pandemi sebesar 73% (literasi) dan 86% (numerasi).

Efektivitas kurikulum dalam kondisi khusus semakin menguatkan pentingnya perubahan rancangan dan strategi implementasi kurikulum secara lebih komprehensif.

Sebagai kesimpulan akhir dari Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar adalah Kurikulum Merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek dalam rangka untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin diperparah karena pandemi. Krisis ini ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, bahkan dalam hal yang mendasar seperti literasi membaca.

Demikianlah penjelasan tentang Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar. Semoga beranfaat. Salam juragandesa.id

Penelusuran terkait
  • apa itu kurikulum merdeka belajar
  • latar belakang merdeka belajar pdf
  • perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka belajar
  • makalah kurikulum merdeka belajar pdf
  • kurikulum merdeka belajar pdf
  • implementasi kurikulum merdeka belajar
  • makalah merdeka belajar
  • karakteristik kurikulum merdeka belajar