Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Lengkap Silabus Kurikulum Merdeka Belajar SD

Silabus Kurikulum Merdeka Belajar SDKurikulum Merdeka pada saat ini menjadi perhatian besar para guru di seluruh sekolah di Indonesia. Pasalnya, tahun 2022 ini telah berganti ke Kurikulum Merdeka.

Sekolah-sekolah yang sebelumnya menerapkan Kurikulum 2013, tentu memiliki perbedaan besar dengan Kurikulum Merdeka.

Saat ini, setiap sekolah diketahui telah memulai acara pengenalan Kurikulum Merdeka ke tenaga pendidiknya.


Lalu bagaimanakah dengan materi silabus di Kurikulum Merdeka? Dalam hal ini, para guru perlu mengetahuinya, sehingga dapat menerapkan pembelajaran kepada murid dengan baik dan benar.


Sebagaimana Dikutip dari kanal YouTube Joko Wahyono Official pada Sabtu, 2 Juli 2022, berikut materi silabus Kurikulum Merdeka yang penting untuk diketahui:

1. Capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka menjadi pengganti K1 dan K2 dalam kurikulum 2013, pengintegrasian antara segi pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai suatu kesatuan proses yang berkelanjutan.


2. Alur tujuan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Setelah menganalisis capaian pembelajaran, selanjutnya guru harus membuat alur tujuan pembelajaran (ATP).

Alur tujuan pembelajaran memiliki fungsi yang sama dengan silabus pada Kurikulum 2013, yaitu sebagai acuan perencanaan pembelajaran.

3. Modul ajar atau RPP Plus yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka

Modul ajar digunakan sebagai pengganti RPP di Kurikulum 2013, yang berisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek pencapaian tujuan pembelajaran siswa.

4. Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

Jika dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, kita mengenal penguatan pendidikan karakter atau bias disingkat PPK, namun dalam Kurikulum Merdeka kita akan mengenal istilah Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila memiliki pengertian sebagai berikut :

Profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih, dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik, dan para pemangku kepentingan.

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  • Berkebinekaan global
  • Mandiri
  • Bergotong royong
  • Bernalar kritis
  • kreatif
5. Teaching at the Right Level (TaRL)

Teaching at the Right Level (TaRL) adalah sebuah pendekatan belajar yang mengacu pada tingkatan capaian atau kemampuan peserta didik.

6. Kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan atau yang disingkat (KOSP) ini adalah nama lain dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum tersebut memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran.

Kurikulum adalah instrumen penting yang berkontribusi untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif.

Dalam hal ini, inklusif bermakna satuan pendidikan mampu menerapkan iklim pembelajaran yang menerima dan menghargai perbedaan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang silabus kurikulum merdeka belajar sd. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.id