Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Buku Administrasi BUMDes TERBARU

Buku Administrasi BUMDes. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes berdasarkan Undangundang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah didirikan antara lain bertujuan dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADesa). Lebih lanjut, sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi dipedesaan, BUMDes harus memiliki perbedaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya. Ini dimaksudkan agar keberadaan dan kinerja BUMDes mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa. Disamping itu, supaya tidak berkembang sistem usaha kapitalistis di pedesaan yang dapat mengakibatkan terganggunya nilai-nilai kehidupan bermasyarakat.
Download Buku Administrasi BUMDes TERBARU

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDes harus bersumber dari masyarakat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan BUMDes dapat mengajukan pinjaman modal kepada pihak luar, seperti dari Pemerintah Desa atau pihak lainnya, bahkan melalui pihak ketiga. Ini sesuai dengan sebagaimana yang diatur dalam peraturan per undang-undangan (UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 213 ayat 3). Penjelasan ini sangat penting untuk mempersiapkan pendirian BUMDes, karena implikasinya akan bersentuhan dengan pengaturannya dalam Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Desa (Perdes).

Buku Administrasi BUMDes adalah Dokumen administrasi yang digunakan untuk melakukan seluruh pencatatan terkait dengan transaksi keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Nah.! Bagi bapak/Ibu yang membutuhkan Buku Administrasi BUMDes yang lengkap silakan anda download pada tautan link dibawah ini.

Selengkapnya silakan Bapak/Ibu Download Buku Administrasi BUMDes Terbaru Dibawah Ini:
Demikianlah file Download Buku Administrasi BUMDes Terbaru yang dapat admin juragandesa.id bagikan semoga bermanfaat.